Fungsi Komunikasi Alumni Lewat Sosial Media

Almuni, Informasi, Sosial Media
finnitya

Fungsi Komunikasi Alumni Lewat Sosial Media – Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunitor pada komunikan. Seperti yang sudah diketahui bahwa tahap penyaluran pesan tersebut bisa dilakukan dengan bertemu langsung. Ataupun melalui perantara (media). Bentuknya sendiri bisa visual maupun non visual. Ketika berbicara mengenai proses komunikasi. Maka secara tidak langsung akan membawa Anda pada berbagai aspek.

Sebab, tidak semua komunikasi bisa dikatakan berhasil. Biasanya terdapat gangguan yang menyebabkan pesan tak sampai dengan sempurna. Bisa dikarenakan media yang digunakan sampai dengan kuranganya pemahaman dari salah satu pihak. Sehingga ketika ditanya apakah komunikasi tatap muka lebih efektif? Jawabannya, iya. Sebab, cara ini membuat para pelaku komunikasi bertemu.

Mereka bisa melihat secara langsung gestur setiap lawan bicara. Bagaimanapun gestur termasuk komunikasi yang tidak bisa dipisah dari komunikasi visual. Ketika sudah seperti ini pesan akan mudah terbaca. Berbeda lagi ketika Anda melakukannya di tempat bising ataupun melalui media lain. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang bisa melakukan komunikasi langsung. Banyak dari mereka yang harus menyelesaikan tugas rumah tangga.

Sibuk dengan pekerjaan, sampai dengan jarak yang terlalu jauh. Kondisi tersebut yang kemudian membuat mayoritas dari mereka menggunakan alat komunikasi. Apalagi di era sekarang dimana semau serba digital. Tidak tanggung-tanggung perusahaan IT terus mengeluarkan produk komunikasi terbarunya. Mereka memberi aplikasi canggih untuk menunjang publik merasakan manfaat yang diberikan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memang berada pada puncaknya. Tidak heran jika sekarang semua bidang terkena imbas positif. Lihat saja bagaimana kini anak muda mulai vocal dan berani untuk menyata pendapat. Mereka melakukan pengorganisasian dalam meruntuhkan sesuatu yang dinilai kurang tepat. Tidak mungkin mahasiswa se-Indonesia bisa berkumpul dalam demonstrasi awal 2020 di depan Gedung DPR.

Jika tidak dibuat komunikasi global dengan satu suara. Bukankah efek tersebut sangat besar? Terus kenapa tidak terus dilanjutkan untuk menunjang hal-hal positif lainnya? Beberapa sumber menyatakan bahwa UI mengeluarkan website yang dikhususkan untuk para alumni. Website ini ditunjukan untuk menunjang perusahaan non profit dalam mempermudah kegiatannya. Dari website tersebut semua anggota organisasi mampu berkumpul dan membicarakan banyak hal. Komunikasi tidak lagi terhalangi oleh alasan jarak yang jauh. Bukan hanya sebagai media memelihara hubungan antar alumni. Melainkan konsep dari untuk mempermudah setiap niatan baik. Misalnya saja, pengumpulan dana, dan lain sebagainya. Jadi, bukan hal aneh ketika dalam satu malam uang sumbangan sudah menyapai ratusan juta.

Belum lagi sekarang publik dipermudahkan oleh banyaknya fitur yang memperlihatkan gestur (video call). Tepat, era modern menjadi satu titik dimana manusia memiliki pertemanan dalam jumlah besar. Belum lagi ketika Generasi Alpha telah menginjak posisinya. Tentu akan semakin banyak perubahan yang bermunculan. Kemudahan ini juga berguna untuk tataran pemerintah. Hal ini terlihat dari kecepatan informasi yang didapatkan. Data dari dalam dan luar negeri mampu diakses secara bersamaan.

Kondisi tersebut membuat masyarakat awam lebih mudah untuk mengikuti perkembangan yang terjadi. Berikutnya, info ini dishare melalui grup sosial media sehingga menyebar luas dalam waktu cepat. Tentu saja Anda merasakan bagaimana teknologi berpengaruh besar di abad 21. Fungsi sosial media menjadi tak terbatas pada satu aspek. Melainkan berdampak bagi kemudahan publik melakukan komunikasi itu sendiri. Jadi, kebermanfaatan teknologi bisa diajarkan pada anak sejak dini. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!