Affinity Circles

Jalan untuk merancang program alumni perusahaan secara sistematis

Jalan untuk merancang program alumni perusahaan secara sistematis – Dalam makalah penelitian yang diterbitkan dalam Dinamika Organisasi , penulis Alison M. Dachner (Asosiasi Profesor Manajemen, Universitas John Carroll), dan Erin E. Makarius (Asosiasi Profesor Manajemen, Universitas Akron), menguraikan manfaat dari sebuah perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan Corporate Alumni Program (CAP) dan memberikan panduan terstruktur lima tahap untuk membuat keputusan desain CAP.

Jalan untuk merancang program alumni perusahaan secara sistematis

affinitycircles – Lima Tahapan Merancang Program Corporate Alumni:

1. Analisis Kebutuhan dan Tentukan Tujuan

Melansir enterprisealumni, Pertama, Anda harus menentukan jika, mengapa dan bagaimana. Jika CAP tepat untuk organisasi Anda, mengapa organisasi Anda mungkin memerlukan CAP, dan bagaimana CAP cocok dengan strategi dan tujuan organisasi Anda secara keseluruhan.

Baca juga : Software Manajemen Alumni SchoolCues Untuk Meningkatkan Hubungan Alumni

Mulailah dengan analisis organisasi dan personel, selaraskan proses SDM saat ini dengan strategi manajemen alumni Anda, dan dapatkan dukungan dari manajemen dan karyawan. Sangat penting bahwa CAP dirancang dengan tujuan strategis dan visi organisasi dalam pikiran.

2. Merancang Praktik Corporate Alumni Programs (CAP) Menggunakan Tipologi TRAILS

Apa tipologi TRAILS?

(1) Melacak dan menganalisis data,

(2) Mengakui prestasi,

(3) Mengalokasikan sumber daya,

(4) Berbagi informasi dan kesempatan,

(5) Inisiatif pembelajaran dan pengembangan, dan

(6) Acara sosialisasi dan networking.

3. Mengembangkan dan Merencanakan Keberlanjutan

Setelah Anda memiliki tujuan untuk CAP dan menentukan bentuk CAP yang akan diambil, sekarang saatnya menyingsingkan lengan baju Anda dan memahami bagaimana program tersebut; lebih khusus, bagaimana itu akan diintegrasikan ke dalam proses dan sistem Anda saat ini. Ini adalah fase di mana CAP mulai terbentuk.

Penting untuk mengidentifikasi di mana CAP cocok dalam struktur organisasi, yang biasanya ditentukan oleh tujuan dan sasaran program. Jika organisasi ingin mendorong perekrutan bumerang, maka CAP harus berada di dalam SDM. Jika tujuannya adalah untuk mendorong keterlibatan masyarakat: pemasaran dan komunikasi. Atau, dalam beberapa kasus, jika Anda ingin menggunakan alumni sebagai sarana untuk mempertahankan koneksi untuk peluang bisnis, mungkin departemen penjualan dan pengembangan bisnis adalah yang terbaik untuk mengelola CAP.

Cari tahu siapa yang akan bertanggung jawab atas CAP. Memiliki setidaknya satu individu yang berdedikasi, atau individu yang berdedikasi per geografi utama, sebagai juara program akan memastikan program dipertahankan dan dijalankan.

Terakhir, Anda harus merencanakan masa depan. Tentukan merek Anda, bagaimana Anda akan berkomunikasi, dan pikirkan proses penerimaan alumni dari tahap awal hingga saat Anda memasuki program selama beberapa tahun. Program alumni yang sukses akan terus menciptakan konten yang menarik bagi kehidupan CAP untuk memastikan komunitas alumni tetap bersemangat dan menarik untuk membuat alumni datang kembali.

4. Terapkan CAP

Saatnya CAP keluar ke dunia dan mengundang alumni untuk menjadi anggota program. Pertama, tentukan kapan Anda akan memperkenalkan karyawan ke CAP, dan pesan proposisi nilai dengan jelas. Ada beberapa titik kontak yang tersedia untuk ditawarkan kepada alumni untuk membawa mereka ke dalam program. Temukan poin kontak yang paling masuk akal untuk organisasi Anda. Kedua, tentukan siapa yang akan menjadi bagian dari program alumni Anda. Setiap perusahaan mendefinisikan alumni sedikit berbeda dan oleh karena itu memiliki aturan yang berbeda untuk siapa yang akan diundang, dan siapa yang mungkin disertakan atau dikeluarkan dari partisipasi. Alison dan Erin merekomendasikan program alumni yang mencakup semua karena mungkin sulit untuk “mengambil alumni,” dan Anda tidak pernah tahu ke mana seorang alumni akan pergi dan bagaimana hal itu dapat saling menguntungkan baik organisasi maupun alumni.

5. Evaluasi CAP dan Hasil

Terakhir, ukur dan ukur lagi. Sebagian besar organisasi memulai proses ini dengan mempertimbangkan peningkatan ROI. Jadi, bagaimana Anda mengukur ROI program. Metrik lain apa yang penting bagi strategi karyawan Anda dalam organisasi. Memahami sejak awal bagaimana Anda akan menilai keberhasilan CAP sangat penting. Ada banyak metrik untuk dipantau: (1) kepuasan karyawan dan alumni, (2) perilaku keterlibatan karyawan dan alumni, dan (3) dan hasil penggerak bisnis seperti perolehan bakat. Cara untuk mengukur program Anda tidak terbatas, jadi pastikan metrik yang Anda pedulikan selaras dengan tujuan strategis awal Anda.

Kesimpulan

Retensi, meskipun penting, bukanlah satu-satunya strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan yang sedang berkembang. Seiring meningkatnya mobilitas tenaga kerja, perusahaan harus memperluas visi mereka tentang apa yang dianggap di bawah payung manajemen siklus hidup karyawan untuk memasukkan karyawan offboarding. Manajemen hubungan alumni, jika ditangani dengan benar melalui proses offboarding dan seterusnya, dapat menjadi keuntungan bagi strategi manajemen bakat Anda dan memberikan jalan kembali bagi mantan karyawan terbaik Anda.

Exit mobile version